Itu terbukti dari perubahan yang terjadi, cara kerja seo yang lama menjadi tidak efektif. Zaman yang semakin maju membuat content yang ada di internet semakin banyak. Sehingga banyak trik lawas sudah berkurang keampuhannya dalam menggaet penonton, pembaca bahkan calon pengguna jasa atau pembeli. Trik lawas tidak saja menurunkan kemampuannya menarik pembaca namun bisa juga membuat situs diblokade oleh mesin pencari. Perhatikan trik lawas berikut.
Baca juga: SEO atau SEM? Mana yang Terbaik Untuk Brandmu?
Untuk menawarkan barang dan jasa di halaman situs, kita harus menarik banyak pembaca agar pengguna internet mau mampir ke situs. Cara kerja SEO lawas yang menjadi andalan adalah ditampilkannya banyak topik yang sedang digemari oleh para netter. Ini berhasil menggaet banyak pembaca. Namun, karena topik terlalu membias dan tidak berhubungan dengan produk, maka tujuan beriklan menjadi sulit dicapai. Saat ada content tentang ‘Z’ padahal iklan yang dipajang adalah seputar produk keperluan ‘A’, besar kemungkinan iklan tersebut akan diabaikan.
Cara baru yang lebih efektif adalah: carilah topik yang mendekati jenis produk. Misalnya produk adalah kosmetik, maka content yang baik adalah content mengenai kecantikan dan segala tentang itu. Dapat juga dikembangkan menjadi sedikit lebih luas, namun masih dalam lingkup kecantikan.
Semakin hari, muatan yang diunggah di internet semakin banyak. Pada beberapa tahun yang lalu, muatan yang menggunakan keyword terlalu umum masih dapat meninggikan rating di mesin pencari. Namun karena persaingan muatan yang semakin ketat, cara ini harus sedikit diubah. Keyword yang umum atau terlalu pendek akan menghasilkan ribuan muatan pada halaman hasil. Muatan yang kita buat pun kecil kesempatannya untuk tampil di halaman pertama.
Pada zaman sekarang, pengguna internet juga semakin pandai dan menggunakan kata pencarian yang lebih spesifik. Karena itu, untuk mendapatkan kesempatan lebih banyak dilihat oleh para netter, keyword yang kita gunakan harus lebih spesifik. Misalnya, jika kita dulu menggunakan keyword ‘masakan’. Sekarang, tambahkan beberapa kata yang relevan seperti ‘masakan khas Betawi’ dan lainnya. Dengan cara ini, beberapa muatan yang tidak relevan akan dipinggirkan, persaingan pun tidak terlalu ketat dan kemungkinan tampil di halaman pertama akan menjadi besar.
Anchor text biasanya digunakan untuk menggiring pembaca menuju link artikel yang lain namun terintegrasi dalam domain sama. Beberapa tahun lalu, cara ini sangat efektif untuk menaikkan rating situs. Tetapi mesin pencari yang terkenal dan besar ternyata telah mengganti sistemnya dan menganggap situs yang menggunakan anchor text sebagai spamming. Untuk mengatasi hal ini, kurangi link, tempatkan pada tempat yang terlihat oleh pembaca. Berikan kalimat yang baik dengan promosi yang smooth agar orang tertarik untuk klik link tersebut.
Melakukan promo melalui digital marketing, kita harus selalu meng-update trik yang baru agar tidak ketinggalan.
Baca Juga: Kenapa SEO Penting Dalam Dunia Digital Marketing?
Ingin menerapkan SEO pada produk Anda? Gunakan bantuan profesional. Dorado Digital Agency siap membantu Anda dalam penerapan SEO untuk produk Anda. Tertarik? Hubungi kami di sini.