Banyak istilah yang sedikit berbeda satu sama lain. SEO dan SEM adalah istilah yang tergolong mirip. Selain namanya memiliki kemiripan, prinsipnya juga sebenarnya sama karena keduanya menggunakan mesin pencari sebagai peluru utamanya. Kepanjangan dari masing-masing singkatan tersebut adalah Search Engine Optimization untuk SEO dan Search Engine Marketing untuk SEM. SEO dan SEM tentunya masih serumpun sehingga banyak orang yang menyamakan penggunaan kedua singkatan itu. Tapi keduanya memiliki sedikit perbedaan.
Baca Juga: Selain Sosial Media Marketing Ini Elemen Lain Digital Marketing
SEM dan SEO sama-sama menggunakan mesin pencari sebagai lahan utama dan mengincar halaman pertama. Keduanya menggunakan kata kunci atau ‘keyword’ tertentu. Oleh karena itu riset sebelum melakukan kedua metode marketing ini adalah mengetahui kata kunci yang sedang menjadi bahasan hangat di dunia internet. Untuk melakukan riset ini telah tersedia tools atau perangkat besutan sebuah mesin pencari.
Jadi kita hanya akan mengamati hasil riset secara instan, tidak perlu melakukan riset manual sendiri. Persamaan berikutnya adalah tujuan yang sama dari SEM dan SEO, yaitu meningkatkan lalu lintas situs. Banyaknya audience yang muncul, kemungkinan brand menjadi populer akan lebih besar.
Salah satu kelebihan SEM adalah cepatnya materi kita terindeks di mesin pencari. Tidak butuh waktu lama, iklan sudah dapat tampil ketika ada pengguna yang mencari menggunakan kata kunci yang sama dengan materi iklan. Pelaku digital marketing mendefinisikan SEM sebagai pay per click (PPC) yang membayar sejumlah nominal setiap kali link diklik. Kekurangannya tentu saja pemilik perusahaan harus mengalokasikan budget untuk membiayai SEM.
Kekurangan yang lain adalah disematkannya logo ‘Ad’ walau sebenarnya ini juga dapat menjadi kelebihannya. Lambang ‘Ad’ menjadi kekurangan bila pengguna melihat logo ini dan malah menjadi enggan mengklik. Namun menjadi kelebihan karena logo ‘Ad’ hanya berukuran kecil sehingga bahkan banyak orang tidak menyadarinya.
Pada SEO, brand tidak perlu membayar apa pun setiap kali link diklik. Namun diperlukan taktik yang tepat dan efektif untuk membuat promosi melalui SEO berhasil. Tugas paling utama adalah bagaimana menggiring pengguna internet untuk membuka halaman. Kekurangannya adalah banyak tantangan yang dihadapi kadang menjadi alasan beberapa pengusaha untuk berhenti.
Juga, waktu yang dibutuhkan agar konten terindeks di mesin pencari membutuhkan waktu yang lebih lama. Kelebihannya, hasil yang ditampilkan pada hasil pencarian sangat alami tergolong ke dalam artikel murni tidak ada lambang ‘Ad’.
SEM dan SEO memiliki prinsip dasar yang sama. Agar brandmu lebih maksimal, kombinasikan keduanya. Namun bila tidak mungkin menjalankan keduanya, pilih salah satu yang sesuai dengan kondisi perusahaan.
Baca Juga: Berikut Ragam Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis
Ingin menerapkan metode SEO dan SEM untuk perusahaan Anda? Dorado Digital Agency siap membantu Anda. Hubungi kami di sini.