Salah satu yang hingga kini masih populer digunakan adalah email marketing. Mungkin ada sebagian dari Anda bertanya-tanya, apa pengertian email marketing itu? dan Apakah strategi ini masih efektif digunakan?
Baca Juga: Membuat Website Gratis? Bisa! Begini Caranya
Untuk menjawab pertanyaan di atas, kami telah merangkum beberapa informasi terkait di bawah ini.
Pengertian Email Marketing
Dalam dunia digital, email memiliki banyak kegunaan seperti untuk mendaftar media sosial, mengirim pesan, berkas, dokumen formal, dan sebagainya. Tak heran, email digunakan oleh banyak orang. Dari hampir 5 miliar pengguna internet di dunia, bisa dibilang setiap penggunanya paling tidak memiliki satu email.
Itulah alasan para pelaku bisnis menjadikan email sebagai salah satu strategi pemasaran digital untuk menjangkau konsumen lebih luas. Strategi ini kemudian disebut dengan email marketing.
Pengertian email marketing sendiri adalah salah satu strategi pemasaran digital dengan menggunakan media surat elektronik (email). Email pemasaran ini akan dikirimkan ke email orang-orang yang sudah menjadi subscriber (pelanggan) email bisnis, mulai dari pelanggan lama hingga calon pelanggan yang bahkan belum pernah membeli produk.
Isi atau konten email yang dikirimkan biasanya berupa promosi dari produk-produk yang ditawarkan atau informasi mengenai produk baru. Email juga bisa berupa newsletter yang berisi informasi lain yang berkaitan dengan produk seperti tips dan trik.
Tak sedikit masyarakat saat ini menganggap bahwa email sudah ketinggalan zaman dengan berkembangnya media sosial. Namun, hal ini tak membuat banyak pelaku bisnis ikut meninggalkan email marketing sebagai salah satu strategi pemasaran digital mereka. Sebab, mereka menilai email marketing masih cukup efektif digunakan hingga saat ini.
Ada beberapa alasan yang mendasari penilaian tersebut, diantaranya seperti:
Seluruh penerima email adalah mereka yang berminat dengan produk atau jasa yang ditawarkan dan telah menjadi subscriber. Oleh karena itu, email marketing dapat mempermudah usaha untuk mencapai konsumen yang sesuai dengan target marketing.
Pelanggan atau calon pelanggan yang bersedia menjadi subscriber dari email marketing, tentu berminat dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Mereka pasti berharap bisa mendapat informasi yang relevan terkait produk atau jasa tersebut, terutama informasi tentang diskon maupun promo. Email marketing dinilai efektif menyampaikan informasi tersebut kepada subscriber.
Alasan lain yang membuat email marketing terbukti masih efektif adalah karena mudah diintegrasikan dengan strategi pemasaran lain, baik itu media konvensional seperti brosur atau katalog maupun media sosial. Dengan begitu, target marketing dapat semakin dioptimalkan.
Dibandingkan dengan strategi digital marketing lainnya, biaya yang dibutuhkan untuk email marketing sangatlah murah. Sebab, yang paling dibutuhkan hanyalah strategi yang tepat, konsep menarik, dan juga target konsumen yang berminat.
Dengan menggunakan email marketing, para pelaku bisnis bisa dengan mudah mendistribusikan voucher diskon kepada para pelanggan maupun calon pelanggan. Tak perlu repot mengirimkannya via pos atau membagikannya secara langsung.
Berdasarkan penjelasan pengertian email marketing dan alasan mengapa email marketing masih efektif digunakan di atas, maka tidak ada salahnya untuk menggunakannya sebagai salah satu strategi digital marketing bagi bisnis Anda atau pun mengintegrasikannya dengan strategi marketing lainnya.
Baca Juga: Artikel SEO Friendly untuk Meningkatkan Traffic Website Anda
Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Kunjungi blog Dorado Digital Activation di sini.