Dulu, selain melalui radio dan media cetak, beriklan umumnya dilakukan melalui TV (Televisi). Kini, seiring dengan semakin berkembangnya zaman dan teknologi, Anda tidak hanya bisa memasang iklan di tv saja, Anda juga bisa memasang iklan di Google, melalui platform Google Ads.
Baca Juga: Panduan Menghitung Biaya Google Ads yang Ideal
Timbul pertanyaan seputar efektivitas beriklan di TV dan Google Ads. Mana yang sebenarnya lebih efektif menghasilkan keuntungan lebih banyak? Untuk mengetahuinya, Anda perlu membandingkan keunggulan masing-masing. Mari kita telaah bersama penjelasan di bawah ini.
Pengguna internet telah bertumbuh lebih besar sejak tahun 2013. Saat ini, sekitar 125% masyarakat telah menggunakan internet dan hampir 79% di antaranya mengakses internet dari ponsel pintar mereka. Meski begitu, durasi dalam mengakses internet tidak lebih tinggi dari durasi mengakses TV.
Rata-rata orang mengakses TV kurang lebih 4 jam dalam sehari. Sedangkan untuk akses internet kurang lebih 3 jam per hari. Banyak di antara masyarakat tersebut bahkan menonton TV sekaligus mengakses internet melalui ponsel pintar secara bersamaan.
Jadi, berdasarkan waktu mengakses bisa dikatakan baik memasang iklan di tv maupun Google Ads punya efektivitas yang hampir sama. Namun, jika membandingkan keunggulan antara keduanya, Anda mungkin punya pendapat yang berbeda.
Dalam beriklan, tentunya Anda ingin mengeluarkan biaya yang terjangkau tapi dengan keuntungan yang maksimal, bukan? Ada sejumlah keunggulan dari beriklan melalui TV dan Google Ads yang dapat menguntungkan Anda. Berikut ini uraiannya.
Memang beriklan di Google Ads dapat lebih efektif karena biayanya yang murah membuat pengeluaran Anda jadi lebih sedikit. Tapi tentunya ada faktor yang juga membuatnya jadi tidak efektif dibandingkan beriklan di TV. Seperti keterangan ‘iklan’ pada situs pengguna Google Ads yang biasanya membuat sebagian orang yang pemilih dalam mengunjungi website akan melewati situs berisi iklan.
Sebaliknya, meski iklan di tv lebih berhasil memikat audiens. Namun, harga untuk membuat sebuah iklan TV bisa dibilang sangat mahal. Jadi, hal ini membuatnya tidak efektif, apalagi jika Anda memiliki budget terbatas. Tapi bagi Anda yang memiliki biaya lebih, tidak ada salahnya mencoba beriklan di TV.
Pada akhirnya semua pilihan tergantung kepada Anda. Kedua sarana beriklan tersebut baik TV maupun Google Ads memiliki potensi audiens yang sangat banyak. Sehingga keduanya layak dicoba.
Baca Juga: Membangun Citra Perushaan Memanfaatkan Media Sosial
Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Kunjungi blog Dorado Digital Activation Agency di sini.