Sekitar 95% dari jumlah tersebut mengakses media sosial melalui internet. Tak heran, menurut data Kemenkominfo (Kementrian Komunikasi dan Informatika), Indonesia menyandang predikat peringkat keempat dunia pengakses terbesar keempat jejaring media sosial Facebook, peringkat kelima dunia pengakses terbesar twitter. Lebih dari 55 juta orang Indonesia menjadi pengguna aktif media sosial per bulannya melalui perangkat smartphone mereka. Memanfaatkan media sosial dapat membantu meningkatkan komunikasi antara satu orang dan lainnya.
Data yang sangat menjanjikan ini memberikan gambaran betapa potensial platform media sosial dalam membangun citra baik perusahaan. Dalam ilmu public relation citra perusahaan dibagi menjadi dua jenis, reputasi dan brand image.
Reputasi adalah pandangan, cap, gambaran yang masyarakat sematkan terhadap perusahaan anda. Sedangkan brand image adalah gambaran, cap, dan pandangan yang berusaha anda berikan tentang perusahaan anda.
Baca Juga: Perbedaan UI dan UX pada Website Development
Citra perusahaan yang baik tentunya adalah keadaan saat reputasi perusahaan anda sesuai dengan brand image yang anda upayakan. Untuk memaksimalkan hal tersebut, mengapa tidak kita manfaatkan panggung besar media sosial? Berikut ulasan apa keuntungannya membangun citra perusahaan yang baik di media sosial beserta strategi pemanfaatannya.
Media sosial sebagai sebuah platform bermasyarakat secara digital tentu sangat menjanjikan untuk dimanfaatkan. Pengguna yang sedemikian besar dan sudah terhubung ke perangkat paling dekat dengan diri pengaksesnya yakni smartphone menjadi sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut alasan-alasan yang membuat anda harus segera memanfaatkan media sosial untuk membangun citra perusahaan anda.
Hal ini karena perusahaan besar masih ragu untuk memanfaatkan media sosial. Menurut studi dari Burson Marsteller, baru 18% perusahaan yang terdaftar di Wall Street Journal Asia Top 200 index yang memanfaatkan betul penggunaan media sosial.
Media sosial dapat dimaksimalkan bukan hanya dalam cakupan lokal, melainkan hingga nasional, regional bahkan global.
Tidak seperti saluran lain yang jadwalnya ditentukan oleh penyedia saluran. Di media sosial, Anda sendiri yang akan menentukan kapan pesan atau promosi yang anda berikan di media sosial.
Interaksi media sosial yang terbuka dan fleksibel membuat anda lebih mudah menilai penerimaan konsumen tentang branding image yang anda bangun.
Membangung citra perusahaan di media sosial tentu tidak mudah. Karena begitu mendalam dan beragamnya latar belakang pengguna media sosial. Kuncinya adalah pesan yang narasinya atraktif. Narasi yang mampu membuat reputasi perusahaan Anda sesuai dengan branding image yang anda lakukan. Perhatikan beberapa strategi berikut untuk memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai alat membangun citra perusahaan anda.
Tiap platform media sosial memiliki kultur yang berbeda. Siapa yang mengakses, tujuan untuk mengakses, latar belakang ekonomi dan sosial pengakses, usia pengakses tiap platform berbeda. Oleh karenanya sesuaikan pesan anda agar di tiap platform dapat diterima dengan baik.
Setiap orang memiliki waktu yang berbeda dalam mengakses media sosial, namun ada waktu-waktu tertentu di setiap hari pengakses media sosial berada di puncaknya. Manfaatkan betul prime time tersebut.
Giringlah opini masyarakat dengan narasi yang menarik yang dibungkus dalam bentuk story telling berbasis video, video animasi, atau inforgrafis.
Jangan hanya sekadar bekerjasama untuk endorse atau sekadar exposure. Tapi pastikan anda bekerjasama dengan tokoh yang sesuai dengan brand image yang anda bangun. Cara ini akan menambah kuat pengaruh pesan anda dalam opini publik.
Koneksikan media sosial dengan official website perusahaan Anda. Media sosial adalah kail yang Anda gunakan untuk menggiring masyarakat untuk mengetahui lebih jauh perusahaan anda. Pastikan tangkap hati masyarakat yang telah tertarik dengan performa website yang baik dan berkualitas.
Demikan ulasan mengenai alasan dan strategi pemanfaatan media sosial untuk membangun citra perusahaan anda.
Baca Juga: Mempelajari UI Design? Gunakan Software Gratis Ini
Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Kunjungi blog Dorado Digital Activation Agency di sini.