Maka berkembang pula cara untuk mempromosikan suatu produk dengan adanya digital marketing. Jenis Digital marketing saat ini banyak dimanfaatkan oleh para pebisnis karena dinilai lebih efektif dalam menjangkau konsumen yang lebih luas.
Baca Juga: Membangun Citra Perusahaan Menggunakan Media Sosial
Secara sedehana, digital marketing diartikan sebagai cara untuk mempromosikan baik produk maupun jasa melalui internet. Digital marketing juga berguna untuk branding, meningkatkan penjualan, hingga menjalin hubungan dengan konsumen.
Banyaknya pengguna internet, menjadi faktor digital marketing dapat berjalan efektif. Ada banyak jenis digital marketing yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis Anda. Simak beberapa contohnya berikut ini.
Website merupakan salah satu cara yang paling banyak digunakan untuk pemasaran. Namun, website saja belum cukup jika belum disertai dengan teknik SEO yang tepat.
Dengan menggunakan SEO, website Anda bisa tampil pada halaman pertama mesin pencari sehingga trafik website Anda bisa meningkat. Otomatis, keuntungan bisnis Anda memiliki potensi untuk meningkat.
Dengan SEO pula, Anda dapat memahami bagaimana pelanggan mencari informasi mengenai brand Anda secara online. Karena keuntungannya ini, maka, hampir setiap pebisnis yang menggunakan website pasti juga menggunakan teknik SEO.
Konten marketing berarti membuat media dan konten visual yang dapat diunduh dan sesuai dengan target audiens Anda. Media atau konten ini bisa berupa e-book, postingan blog, brosur online, infografis, ataupun artikel iklan.
Tujuan konten marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness, agar konsumen mengetahui lebih banyak informasi seputar produk dan layanan yang Anda tawarkan. Sehingga trafik dapat meningkat dan Anda bisa mendapat pelanggan potensial, bahkan tetap, dan juga ROI (Return of Investment) yang positif.
Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll merupakan cara yang paling sering digunakan untuk memasarkan produk. Seperti yang kita ketahui, pengguna media sosial di Indonesia sangat besar, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai strategi marketing yang efektif.
Selain untuk meningkatkan brand awareness dan prospek bisnis Anda, media sosial juga mampu digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan konsumen sehingga lebih mudah menjalin hubungan dengan mereka. Selain itu, cara ini terhitung lebih hemat biaya dan mampu meningkatkan penjualan.
Email marketing digunakan untuk menjaga hubungan dengan konsumen agar mereka tetap tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Strategi pemasaran ini bekerja dengan cara perusahaan mengirimkan email kepada yang sudah menjadi subscriber website atau email perusahaan.
Email yang dikirimkan umumnya berisi mengenai update produk atau layanan, promosi harga atau acara, dan juga konten-konten menarik lainnya. Selain itu, dalam email biasanya juga akan disertakan link menuju website Anda sehingga konsumen dapat membeli produk Anda sewaktu-waktu.
Video marketing merupakan strategi yang cocok untuk ditujukan kepada orang-orang yang tidak suka membaca konten. Dengan video, maka promosi produk Anda akan menjadi lebih menarik dan mudah diingat, sehingga efektif untuk mengoptimalkan promosi agar konsumen berdatangan.
Video bisa berupa dalam format 3D maupun 2D yang bisa berisi apapun, mulai dari company profile, mengenai produk dan penggunaannya, hingga testimoni dari pelanggan. Video bisa berupa penjelasan sederhana yang dikemas seunik mungkin sehingga lebih mampu menarik pelanggan dibanding hanya dengan tulisan.
Demikian ulasan tentang beberapa jenis digital marketing yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa memilih jenis digital marketing yang sesuai dengan bisnis Anda, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk mengkolaborasikan beberapa diantaranya. Yang paling penting adalah bagaimana cara Anda untuk menggunakan strategi tersebut secara tepat dan konsisten sehingga konsumen dan brand awareness Anda bisa meningkat.
Baca Juga: 6 Langkah Menggunakan Google Adwords
Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Kunjungi blog Dorado Digital Activation Agency di sini.