Dari sekian banyak jenis media sosial, Instagram merupakan salah satu yang memiliki paling banyak pengakses di Indonesia. Pengguna aktifnya bisa mencapai 500 juta akun setiap bulan. Oleh karena itu, beriklan di Instagram menjadi salah satu cara beriklan yang sering digunakan akhir-akhir ini.
Baca Juga: Memasang Iklan di Google? Ini Cara Memakai Google Ads
Hal tersebut menjadikan Instagram sebagai ladang periklanan digital yang menguntungkan karena iklan yang dipasang akan dijangkau jutaan akun setiap harinya. Tak heran banyak pebisnis yang tergiur mencobanya. Lalu, berapa biaya beriklan di instagram? Anda bisa mengetahuinya lewat penjelasan di bawah ini.
Beriklan melalui Instagram, umumnya dilakukan dengan 2 cara yaitu, dengan menggunakan fitur Instagram Ads dan jasa Influencer. Setiap cara memiliki perhitungan biaya beriklan yang berbeda. Berikut ini uraian masing-masing perhitungannya.
Instagram menyediakan fasilitas bagi pebisnis yang ingin beriklan di Instagram yaitu Instagram Ads. Instagram Ads memiliki banyak variasi jenis iklan seperti iklan cerita, iklan foto, iklan video, iklan carousel dan iklan koleksi. Keistimewaan beriklan menggunakan fitur Instagram Ads adalah pengiklan bisa terlebih dahulu menentukan target akun yang ingin dituju mulai dari lokasi, minat, umur, dan jenis kelamin audiens.
Selain itu biaya beriklan di instagram bisa ditentukan sendiri sesuai dengan jumlah anggaran yang dimiliki. Pengiklan bisa memilih anggaran mulai dari 20 ribu rupiah, dengan kelipatan 10 ribu sampai dengan 10 juta rupiah. Selain itu pengiklan juga bisa menentukan durasi beriklan mulai dari 1 hari sampai 30 hari.
Jumlah anggaran yang dipilih tersebut merupakan biaya harian. Semakin besar anggaran yang dipilih maka semakin banyak akun yang akan terpapar iklan. Selanjutnya pengiklan bisa memilih berapa lama iklannya ingin ditayangkan. Perhitungannya tinggal mengalikan jumlah anggaran harian dengan jumlah hari yang diinginkan.
Sebagai contoh, jika anda memilih anggaran 20 ribu rupiah, jumlah akun yang bisa dijangkau antara 1900-5000 akun. Jika anda ingin beriklan selama satu minggu atau 7 hari maka besar biaya yang harus dibayar adalah 20 ribu dikalikan 7 hari sama dengan 140 ribu rupiah. Pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit maupun kartu debit.
Metode lain beriklan di Instagram yaitu melalui jasa Influencer atau sering disebut endorsement. Para Influencer ini umumnya public figure yang terdiri dari artis, blogger, tokoh penting, maupun selebgram. Pada endorsement pengiklan membayar seorang Influencer yang dia percaya untuk mempromosikan brand produk atau jasanya.
Mengapa menggunakan jasa Influencer? Sebab, Influencer memiliki akun perorangan atau kelompok di Instagram dengan followers sangat banyak, mulai dari puluhan ribu, ratusan ribu, hingga jutaan followers yang setia mengikuti update postingan Influencer tersebut. Kemampuan Influencer untuk menarik minat followernya serta banyaknya jumlah followers yang berpotensi menjadi pelanggan membuat promosi produk atau jasa yang dilakukan Influencer dapat berhasil lebih efektif.
Selain dari jumlah followers, pemilihan Influencer untuk beriklan di Instagram juga didasarkan pada keaktifan mengunggah konten, kualitas foto dan video, tidak memiliki citra negatif, memiliki jenis followers yang sesuai dengan target konsumen, serta kesesuaian anggaran. Oleh karena itu, harga yang harus dibayar untuk endorsement berbeda-beda tergantung pada kualitas atau popularitas Influencer. Semakin banyak follower-nya dan semakin berkualitas Influencer, biasanya biaya endorsement–nya juga semakin besar.
Demikian ulasan terkait biaya beriklan di instagram. Sebagai tambahan info, beriklan di Instagram sangat memudahkan pengiklan untuk menilai apakah iklan yang dipasang efektif untuk membangun brand awareness atau tidak. Sebab, pengiklan dapat mengukurnya dari fitur counter views maupun like yang disediakan Instagram. Semakin besar jumlah views dan like pada postingan iklan Anda, menandakan ada peningkatan pada brand awareness.
Baca Juga: Pemasaran Melalui Media Sosial? Ikuti 4 Tips Ini
Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Kunjungi blog Dorado Digital Activation Agency di sini.