Salah satu yang sering menjadi pilihan banyak orang adalah Google Adwords atau Google Ads. Google Ads adalah jaringan iklan yang dimiliki Google sehingga bisa memungkinkan Anda untuk memasang iklan di halaman pencarian, Youtube, atau aplikasi dan media lain yang berafiliasi dengan Google. Mungkin masih banyak orang yang enggan menggunakannya karena masih belum mengerti bagaimana cara menggunakan Google Adwords.
Baca Juga: Mempelajari UI Design? Gunakan Wireframe Software Gratis Ini
Dengan menggunakan Google Ads, maka Anda bisa mendapatkan posisi teratas di hasil pencarian, meskipun ada persaingan keyword yang bernilai tinggi sekalipun. Dengan posisi yang bagus itu, maka, kemungkinan iklan diklik semakin besar sehingga keuntungan pun juga lebih besar. Oleh karena itu, Google Ads menjadi salah satu strategi digital marketing yang efektif.
Untuk dapat menggunakan Google Ads sebenarnya bukanlah hal yang sulit, yang Anda butuhkan pertama kali hanyalah akun Google untuk login. Berikut ini adalah panduannya.
Buka website resmi Google Ads dan login dengan akun Google. Jika belum ada akun, Anda bisa langsung membuat terlebih dahulu.
Setelah login, maka Anda harus menentukan tujuan iklan (goal) yang akan Anda buat. Ada tiga pilihan goals yang disediakan oleh Google Ads yang bisa dipilih sesuai dengan tujuan Anda, yaitu :
Tentukan jangkauan lokasi yang ingin ditargetkan, mulai dari luar negeri, seluruh Indonesia, ataupun hanya sebatas provinsi maupun kota.
Setelah itu, pilih kategori bisnis Anda agar Google bisa menentukan target audiens iklan yang sesuai.
Google membatasi jumlah karakter untuk copywriting iklan Anda, yaitu maksimal 30 karakter untuk headline dan 80 karakter untuk isinya. Oleh karena itu, buatlah iklan yang jelas, singkat, padat, dan tentu saja menarik.
Google menerapkan sistem PPC atau Pay Per Click sehingga Anda hanya membayar jika iklan diklik oleh target audiens. Biaya untuk iklan pun bisa dihemat. Dengan Google Ads, Anda juga bisa menetapkan estimasi biaya. Jika Anda baru pertama kali mencoba, maka sebaiknya pilh estimasi biaya paling kecil.
Setelah performa iklan Anda semakin baik maka Anda bisa menaikkan biaya secara bertahap agar konsumen yang dijangkau pun bisa lebih banyak. Untuk pembayaran, Google menyediakan pilihan kartu kredit ataupun transfer bank.
Dalam menayangkan iklan mana yang pantas berada dihasil teratas hasil pencarian, Google tentu menilai setiap iklan dengan adil melalui Google Quality Score. Google Quality Score adalah cara Google untuk menilai performa iklan Anda dan kesesuaian keyword dengan audiens yang ditargetkan. Ada beberapa faktor yang digunakan dalam Google Quality Score, yaitu:
Semakin tinggi poin Google Quality Score iklan Anda, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan iklan Anda berada dalam puncak persaingan untuk paid search Google. Google Quality Score ini juga yang akan menentukan besaran biaya iklan Anda.
Maka dari itulah, banyak orang yang menggunakan jasa Google Ads akan fokus untuk meningkatkan Google Quality Score iklan mereka. Pun demikian, Google Ads adalah salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif dan patut Anda coba untuk bisnis Anda.
Baca Juga: Fungsi Wireframe dalam Pembuatan Website
Setelah mengetahui cara menggunakan Google Adwords, Anda juga harus mengetahui konsep digital marketing yang lain. Ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar dunia digital marketing? Kunjungi blog Dorado Digital Agency di sini.