Bagaimana perbedaan dalam strategi pemasaran untuk keduanya? Mari kita selami untuk mengetahui lebih lanjut perbedaan keduanya guna menemukan ramuan strategi pemasaran yang terbaik.
Baca Juga: Berikut Ragam Manfaat Media Sosial Untuk Bisnis
Content marketing lebih berfokus pada metode atau cara berbagi dan menerima konten sedangkan pemasaran media sosial fokusnya pada pembuatan media sosial sebagai mekanisme yang berhasil untuk pengiriman konten.
Content marketing ini tentang bagaimana proses penciptaan konten yang relevan, konsisten, dan berharga sehingga terdistribusi dengan tujuan menarik dan mempertahankan pengguna atau pelanggan yang menguntungkan. Jadi salah satu tugas content marketer adalah bagaimana mereka mempromosikan suatu produk ataupun jasa dengan cara menumbuhkan kesadaran akan merek dengan cara membentuk atau mengubah persepsi konsumen.
Sedangkan pemasaran media sosial salah satu tugasnya adalah menggunakan situs web ataupun jejaring sosial guna memasarkan produk atau jasa tertentu. Salah satunya bagaimana memperluas jangkauan pemasaran konten menggunakan berbagai platform media sosial. Ada dua beda tujuan dari keduanya jika pemasaran konten merupakan konsumsi konten kemudian perilaku sedangkan pada pemasaran media sosial partisipasi yang disusul dengan perilaku.
Kata ‘saluran’ menggambarkan sosial media sedangkan ‘taktik’ adalah konten. Sosial media management adalah saluran dimana organisasi atau perusahaan menemukan pelanggan potensial. Sedangkan content marketing adalah taktik bagaimana mereka menemukan cara paling memungkinkan untuk memasarkan agar dapat menaikkan nilai tambah dengan membuat lalu mendistribusikan konten yang berharga.
Ketika strategi pemasaran media sosial berintegrasi dengan taktik pemasaran lain dalam digital management maka strategi tersebut bekerja dengan baik. Karena media sosial merupakan pemain penting dalam sektor pemasaran digital.
Pada pemasaran media sosial dan konten ada pusat gravitasi yang berbeda. Dimana pusat gravitasi adalah fokus kegiatan pemasaran. Di pemasaran media sosial yang menjadi pusat gravitasi adalah jaringan media sosial. Hal tersebut adalah bagaimana mereka mengoperasikan dan kampanye media sosial melalui kegiatan dalam jejaring sosial, sehingga pemasar media sosial itu menghasilkan konten di dalam jaringan sosial tersebut. Sedangkan bagi pemasar konten pusat gravitasi di fungsikan sebagai penanda konten melalui situs web brand.
Peranan jejaring sosial untuk keberhasilan meningkatkan pemasaran konten sangat penting. Platform jejaring media sosial sebagai distributor untuk merujuk pada situs web brand yang berisi konten.
Jadi, para pemasar konten tidak menggunakan media sosial sebagai wadah konten mereka, sedangkan pemasar pada pemasaran media sosial menggunakan platform media sosial sebagai sumber utama pemasaran mereka.
Seorang content marketer menggunakan platform media sosial sebagai penghubung agar pembaca atau konsumen mengunjungi konten yang ada di dalam situs web.
Ketika sudah mengetahui perbedaan sosial media management versus content marketing, dimana keduanya berperan penting. Agar pemasaran konten tercapai dengan efektif meski membutuhkan waktu Anda bisa segara mempraktikkannya ketika memulai dengan strategi pemasaran media sosial.
Baca Juga: Selain Sosial Media Marketing Ini Elemen Lain Digital Marketing
Mulai dari sekarang dan manfaatkan strategi sosial media management dan content marketing. Jika Anda membutuhkan bantuan ahli, Dorado Digital Activation Agency dapat membantu Anda. Kunjungi kami di sini dan dapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai layanan yang disediakan.