Apakah hal tersebut benar? Apa sih pengertian dari digital remarketing sendiri? Dan bagaimana cara kerjanya sehingga bisa meningkatkan transaksi? Sebelum berjalan lebih jauh, yuk ikuti pembahasan kita kali ini.
Baca Juga: Digital Media Placement, Strategi Pemasaran Kekinian
Apa sih pengertian dari remarketing? Digital remarketing adalah sebuah teknik pemasaran dengan memanfaatkan teknologi retargeting dimana teknologi bisa menampilkan iklan pada mereka yang pernah mengunjungi website anda namun belum melakukan transaksi.
Contohnya seperti ini, kamu adalah seorang pria berusia 40 tahun yang tertarik tentang produk asuransi, dan mulailah kamu untuk mengenal produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.
Karena posisi kamu dalam tahap mengenal, tentu kamu mengunjungi banyak website dan tidak melakukan transaksi. Nah pemilik website yang menggunakan strategi remarketing akan berusaha menampilkan iklan pada sosial media, website, atau platform lain yang kamu kunjungi dengan produk asuransi tersebut.
Dengan cara seperti ini, tentu kemungkinan kamu untuk tertarik dengan produk yang di iklankan akan semakin besar.
Sebenarnya dari pengertian dan analogi yang kami sampaikan diatas mungkin kamu sudah memiliki sedikit gambaran mengenai cara kerja dari remarketing ini. Agar pemahaman kamu semakin dalam, kami akan menjelaskan bagaimana cara kerjanya, khususnya dalam dunia digital.
Seperti yang sudah kami katakan digital remarketing menggunakan teknologi retargeting yang memanfaatkan cookie untuk melacak siapa saja yang sudah berkunjung ke website kamu namun tidak melakukan pembelian.
Tidak bisa dipungkiri bahwa strategi ini dapat memberikan banyak manfaat untuk para pelaku marketing. Beberapa manfaat yang akan anda dapatkan dengan menggunakan strategi ini seperti memaksa dengan halus calon pembeli, meningkatkan penjualan, brand awareness, dan masih banyak lagi lainnya.
Meskipun demikian, bukan berarti jalan kamu untuk meningkatkan transaksi akan berjalan mulus. Agar sesuai dengan apa yang kamu bayangkan, berikut beberapa tips melakukan remarketing.
Remarketing akan sangat sulit jika kamu jalankan pada satu channel saja, kamu juga harus memanfaatkan channel lain untuk memastikan remarketing bisa berjalan seperti apa yang kita bayangkan.
Apalagi di era digital ini orang begitu mudah untuk berpindah ke satu platform ke platform lain. Dengan menggunakan banyak channel, kamu akan bisa menjangkau dengan sangat efektif.
Membagi dan mengelompokan calon pembeli menjadi beberapa bagian akan memberikan dampak signifikan terhadap strategi digital remarketing yang kamu jalankan.
Membagi dan mengelompokan yang kami maksud disini seperti membuat daftar mengenai siapa saja yang mengunjungi halaman produk sampai tahap pembayaran, namun tidak segera melakukan pembayaran dan mereka yang pindah ke website lain ketika melihat halaman produk saja.
Asumsinya, list pertama adalah orang yang melihat harganya kurang ideal, dan list kedua adalah mereka yang kurang sreg dengan produk yang kita tawarkan.
Lakukan semuanya dengan hati-hati, lalu, gunakan split testing sebagai bagian untuk menentukan seberapa efektif asumsi dan strategi yang kita jalankan. Kita harus paham bahwa perilaku konsumen selalu berubah-ubah, dan split test akan memberikan kita inside yang lebih baik.
Baca Juga: Pengembangan Web Untuk Menunjang Kesuksesan Website
Dengan eksekusi yang matang, strategi remarketing akan berjalan dengan lancar dan tentu saja akan membawa keuntungan yang besar untuk perusahaan. Jalankan strategi remarketing-mu bersama Dorado Digital Agency yang telah berpengalaman menangani marketing digital. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini.