Sekarang, banyak yang telah menggunakan strategi pemasaran dengan beriklan di digital media atau dapat disebut juga digital media placement. Media digital tampak sangat menjanjikan. Dahulu, orang lebih suka menonton televisi, mendengarkan radio atau membaca surat kabar. Semua media tersebut hanya satu arah. Dengan digital media yang mampu mengakomodasi komunikasi dua arah, orang menjadi lebih tertarik berdigital media dan langsung menanggapi apa saja yang diposting melalui kolom komentar.
Baca Juga: Selain Sosial Media Marketing Ini Elemen Lain Digital Marketing
Ada perbedaan mendasar yang sangat menentukan kesuksesan memasarkan merek atau produk. Dalam dunia pertelevisian dan radio, pemilik brand akan memesan jasa penempatan iklan pada acara yang sangat digemari oleh masyarakat luas sehingga iklan akan tampil saat banyak orang menonton televisi atau mendengarkan radio. Semua kegiatan penyiaran telah diatur oleh pihak stasiun televisi dan radio karena merekalah yang mengetahui secara detail rating dari suatu acara. Sedangkan dengan digital media placement, patokan yang digunakan adalah banyaknya iklan muncul pada situs pencarian.
Untuk yang beriklan di media sosial, patokannya adalah beberapa titik waktu yang dianggap sebagai puncak orang membuka media sosial. Biasanya ada 3 titik waktu utama yaitu pada jam 5 pagi saat kebanyakan orang baru bangun dari tidurnya, jam 12 siang saat istirahat bekerja, dan jam 7 malam saat menjelang istirahat malam.
Strategi pemasaran ini memang gampang-gampang susah. Namun, jika telah mengetahui triknya, akan terasa sangat mudah. Hal ini bukan hanya mimpi di siang bolong karena terbukti dari berbagai brand yang berhasil melambungkan namanya hanya dari digital media placement. Kesulitan yang sering ditemui adalah bagaimana menarik orang untuk melihat iklan kita.
Digital media berbeda dengan media televisi dan radio yang selalu tayang dan mudah untuk dicari channel-nya. Kebanyakan iklan yang diposting hanya akan dilihat oleh beberapa orang saja. Sedangkan melalui media sosial hanya akan dilihat oleh orang yang telah menjadi follower kita.
Beberapa Tips Agar Digital Media Placement Sukses
Untuk mengatakan pada dunia secara implisit bahwa usaha kita terus berjalan dan masih ‘dibuka’ adalah dengan rajin meng-update artikel atau konten situs. Banyak orang membuka suatu situs dan menemukan artikel terakhir atau konten yang terakhir di update adalah beberapa tahun yang lalu, mereka akan berfikir “mungkin perusahaan sudah tutup”.
Untuk yang beriklan di media sosial paling utama agar iklan kita dapat dilihat oleh banyak kalangan adalah jangan mengunci akun. Meski mengunci akun juga dapat menjadi strategi untuk meningkatkan follower karena membuat penasaran, tapi hal ini kurang cocok untuk produk atau merek pendatang baru. Gunakan 3 titik waktu utama dan tulis hash tag yang menarik.
Strategi dengan digital media placement ini jika dilakukan dengan baik akan segera membuat brand Anda cepat meroket. Keep posting!
Baca Juga: Sosial Media Management Versus Content Marketing
Ingin menaikkan eksistensi produk Anda dengan digital media placement? Dorado siap membantu Anda dalam digital media placement. Hubungi kami di sini.