Digital campaign bisa diartikan sebagai sebuah alur untuk melakukan pemasaran secara digital di internet. Proses ini sangat berpengaruh terhadap semua proses pemasaran digital yang Anda lakukan, karena usaha ini mampu meningkatkan branding sekaligus traffic pada website Anda yang pada akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan omzet penjualan.
Agar digital marketing campaign Anda berhasil, Anda bisa mencoba mengaplikasikan 7 langkah sederhana berikut ini.
Baca Juga: Keuntungan Dari Digital Marketing Campaign Untuk Bisnis
Untuk menjalankan digital campaign, Anda bisa dilakukan mulai dengan membangun pesona yang baik dan positif. Mengingat dengan membangun pesona, Anda akan mengetahui siapa yang akan menjadi target audience untuk digital campaign Anda.
2. Menentukan Tools yang Dibutuhkan Serta Goal-nya
Langkah kedua yang harus Anda lakukan setelah membangun performa, Anda harus menentukan tujuan apa yang hendak dicapai dalam melakukan digital campaign ini. Setelah menentukan tujuan, Anda akan tahu tools atau usaha apa saja yang akan Anda butuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.
Aset digital adalah platform yang harus Anda miliki untuk menjalankan campaign tersebut. Anda bisa memilih menggunakan Instagram, Facebook, Twitter, blog, ataupun website marketing yang disesuaikan dengan target audience serta tujuan campaign Anda.
Langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan campaign. Disini Anda harus menentukan berapa lama waktu untuk melakukan campaign. Buatlah konten-konten yang sesuai dengan audience Anda, serta berbagai hal lain yang diperlukan untuk menjalankan campaign, agar semua rencana dapat berjalan lancar.
Tahap selanjutnya setelah semua persiapan selesai, adalah mempromosikan digital campaign melalui iklan. Iklan ini tidak hanya di televisi, tetapi bisa juga dengan menyewa space iklan di Youtube atau bahkan melalui media sosial. Tujuan iklan ini tidak lain adalah untuk menjangkau audience lebih banyak dengan biaya dan waktu yang lebih efisien.
Langkah terakhir adalah melakukan semuanya dengan runtut dan terperinci. Setiap langkah dilakukan dengan teliti tanpa terlewat satu pun. Sebenarnya Anda bisa melakukan evaluasi kecil pada setiap tahap yang dilakukan, agar jika perlu perbaikan dapat segera dilakukan dan tidak menyebabkan masalah kedepannya.
Setelah campaign dilaksanakan, segera evaluasi. Apakah ada kenaikan traffic atau tidak, apakah goals Anda tercapai. Kemudian analisa juga konten mana saja yang mendatangkan banyak komentar, like serta share. Dengan demikian Anda bisa memaksimalkan strategi untuk campaign selanjutnya.
Setelah Anda mengetahui 7 langkah penting dalam digital marketing campaign di atas, sekarang waktunya untuk segera menjalankan. Memang terkadang eksekusi tidak semudah teori. Namun dengan teori di atas Anda mempunyai acuan mengenai digital campaign yang terstruktur dan terarah, sehingga proses digital marketing yang Anda lakukan bisa sesuai dengan yang direncanakan dan diharapkan.
Baca Juga: Peran Penting Digital Marketing Dalam Mengembangkan Brand
Ingin belajar lebih lagi tentang langkah-langkah penting yang harus Anda ambil untuk memastikan kesuksesan digital marketing campaign Anda? Klik Disini!