Strategi digital marketing campaign sangatlah berpengaruh kepada keberhasilan bisnis Anda. Hal ini, karena kampanye tersebut mampu untuk meningkatkan branding sekaligus traffic kunjungan pada website Anda yang pada akhirnya akan berpengaruh pada lonjakan omset penjualan.
Baca Juga: Strategi Pengelolaan Media Sosial Untuk Layanan Pelanggan
Agar digital marketing campaign yang Anda lakukan berhasil, Anda harus melakukan 7 langkah sederhana berikut ini:
Digital campaign harus diawali dengan menentukan persona yang tepat, langkah awal ini akan menentukan keberhasilan campaign Anda. Mengingat dengan menentukan persona, Anda akan mengetahui siapa yang akan menjadi target audiens digital campaign Anda.
Langkah kedua yang harus Anda lakukan setelah menentukan persona adalah menentukan tujuan apa yang hendak dicapai ketika melakukan digital campaign ini. Setelah tahu tujuan apa yang hendak dicapai, Anda akan tahu strategi dan taktik apa saja yang akan dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut.
Langkah selanjutnya Anda harus menentukan media digital yang akan Anda gunakan. Pada dasarnya, media terbagi atas 3 jenis yaitu, owned media, earned media, dan paid media. Owned media adalah media yang Anda miliki seperti Instagram, Facebook, Twitter, blog, ataupun website marketing. Anda dapat menggunakan owned media pada awal kampanye untuk menghemat biaya, karena penggunaan owned media tidak membutuhkan biaya.
Langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan campaign. Anda harus menentukan berapa lama periode campaign yang akan dilakukan, biasanya 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Kemudian buatlah konten-konten yang sesuai dengan target audiens. Perencanaan ini penting untuk dilakukan agar, pada pelaksanaannya tersusun dengan jelas.
Tahap selanjutnya adalah mempromosikan digital campaign melalui iklan. Anda dapat melakukan iklan melalui berbagai media, termasuk media online di Youtube. Tujuan iklan ini tidak lain adalah untuk menjangkau audiens yang lebih banyak.
Langkah terakhir adalah menjalankan campaign dengan runtut dan terperinci. Step by step dilakukan dengan teliti.
Setelah campaign selesai dilaksanakan jangan lupa untuk melakukan evaluasi. Apakah campaign tersebut berhasil atau tidak, konten-konten mana saja yang mendatangkan banyak komentar, like serta sharing. Dengan demikian Anda bisa menentukan mana langkah yang efektif dan mana yang harus diperbaiki.
Baca Juga: 4 Jenis Jasa Yang Ditawarkan Oleh Digital Marketing Agency
Setelah anda mengetahui 7 langkah penting dalam digital marketing campaign di atas, sekarang waktunya untuk melakukan langkah-lah tersebut untuk bisnis Anda. Jika Anda kesulitan untuk merealisasikan langkah penting digital marketing campaign tersebut, Anda dapat meminta bantuan agensi terpercaya. Salah satunya adalah Dorado Digital Activation Agency. Kunjungi kami di sini untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap.